Selasa, 18 November 2008

Maju tak gentar_PART 2


Esok pagi, di ahad pagi yang grimis dikit namun cukup cerah. After jogging n maen bulu tangkis. Tepat jam 07.50 kudapati sebagian anak sudah pada berkumpul di tempat latian.

Ternyata pemimpin upacaranya blom nongol-nongol juga. Di telpon2 gak diangkat, dan di esemesin gak dibalas. Jadi kami mengambil 1 kesimpulan : Masih molor! Akhirnya dicadanginlah anak lain bernama Bima untuk menggantikan si Mei yang tak kunjung datang.


Yang ingin kucritain disini adalah bagian maju tak gentarnya. Critanya, karena barisan penyanyi-nya atau paduan suaranya yang datang Cuma seiprit, ( gak salah Cuma 4-5 orangan gitu) tu pun bawaan tu anak-anak maunya maeen trus. Agak susah deh ngaturnya. Cape berdirilah, auslah, panaslah, mau nelponlah..hih…


Aku : “Lagu wajib nasionalnya bawain lagu apa?”

Anak2 : “ Garuda pancasila deh bu..”
Aku : “Halah, dari kmaren Garuda Pancasila trus. Apalnya Cuma itu. Yang laenlah...”


Anak2 : “trus lagu apa dong bu? Minggu lalu Halo-Halo Bandung khan udah!!”

Aku : ( **Menghela napas**. Ni skolahan kenalnya kayae Cuma Garuda Pancasila ma Halo-Halo Bandung)


Aku ngga mau en bersikeras mencari lagu lain yang lebih heroik.


Aku : “Gak usah! Kita pake lagu Maju Tak gentar aja!”

Anak2 :“Ha?? Ohh,, maju tak gentar..tapi..tapi gak apal bu....”


Finally, sodara-sodara. Jadilah saat itu aku sedikit berceramah pada mereka masalah rasa patriotisme yang mulai memudar dan lapuk digerogoti zaman.


“Masa lagu Maju Tak gentar aja kalian gak hapal..” tutupku dalam pidato singkatku itu. Ada nada penyesalan disana.

Anak-anak manggut-manggut...


“Nah, sekarang coba kalian dengarkan ibu dulu...” akupun bersiap memulai menyanyikan lagu heroik itu dengan penuh penghayatan. Kubayangkan di pelupuk mataku sosok Nagabonar ada disana..


Anak-anak berjejer mendengarkan dengan penuh perhatian.


Dan lagu inipun di mulai..


Maaa ju tak gentaaaar...

Membeee la yang benaaar...

Maaa ju tak gen taaar

Hak kiii ta di seraaang..


Maaju tak gentaaar
..
....... .........
.......
...........
Oh eh...........

Nah lho! Disini udah mulai2 lupa en gelagapan. Apa ya lanjutannya..Aku senewen. Aku lupa!!! Gawat nih.


Anak2 : “Yaaah..ibu aja lupa..” teriak mreka dengan wajah kecewa.


Demi menjaga wibawa, aku tersenyum dan menenangkan anak-anak.


“Tenang..tenang....semua masalah ada solusinya..” kataku.

Dengan gerakan kilat, segera ku es em es Ibnu Shomad (Program Director Radio) to sgera meng-esemes-kan teks Maju Tak Gentar. Dia anak yang baik dan pintar. Aku yakin dia hapal, Insya Allah. Jempolku pun mencetak-cetek keypad hape dengan cepatnya.


Ah..kelamaan. Kutelpon aja dia...raungku.


Aku : “Assalamu’alaikum. Di, apal lagu Maju Tak Gentar gak?”
IS : “Maju Tak Gentar? Owh, insya Allah hapal dong..”

Aku : “Tolong esemes-in ya teks-nya .Penting nih. Ditunggu”

IS : “Iyelah. Insya Allah..”

Akhirnya alhmadulillah, lagu Maju Tak Gentar itu di-sms kan Ibnu Shomad dengan tulisan gede-gede dan jelas. Sampai dua esemes.


MAJU TAK GENTAR/ MEMBELA YANG BENAR/

MAJU TAK GENTAR/ HAK KITA DISERANG/
MAJU SERENTAK/ MENGUSIR PENYERANG/

MAJU SERENTAK/ PASTI KITA MENANG/


BERGERAK, BERGERAK/ SERENTAK, SERENTAK/

MENERKAM, MENERJANG, TERJANG/

TAK GENTAR/TAK GENTAR/

BERGERAK/BERGERAK/


MAJULAH, MAJULAH, MENANG

Aku : "Oke anak-anak!! Sekarang semuanya catat teks ini di kertas ata di hape kalian. Besok pagi udah harus apal.
"

Anak2 : “beres lah bu! Wokeh, wokeh!!”


Mereka dengan semangatnya menuliskan teks Maju tak gentar di kertas. Sebagian cetak-cetek di hape.

Aku tertegun. Ngga yakin nih! Khawatir banget. Bukan apa-apa. Okelah yang 4-5 orang ini hapal. Trus sisa paduan suara yang ngga datang hari ini gimana? Kupastikan mreka juga bisa jadi ngga apal tu lagu.

Aku : “Kalian yakin ngga nih besok bisa nyanyiin Maju tak gentar?! Jangan sampai ternyata satu skolahan pada ngga apal! Jadi yang bisa di arepin ya Cuma dari kalian ini!”

Anak2 : “Wah ibu. Gampanglah itu. Ni udah dicatet di kertas n di hape”


Aku : “Awas lho! Kalo emang ngga bisa, bilang sekarang. Bagus kita nyanyiin garuda Pancasila aja..”

Anak2 : “Gak usahlah bu..apal kok, apal!! Besok kita nyanyiinnya nyaring-nyaring deh..”


Oke kalau begitu. Latiannya udah oke kendatipun anak-anak masih pada nengok2 ke catatan n hape.

“Jangan lupa smua besok udah harus apal” pesanku sekali lagi. Prasaan ku jujur aja ngga enak banget, tw ngga. Kita liat besok deh.

(To be continued).........

Tidak ada komentar: