Sabtu, 27 Desember 2008

Sleep Paralysis, Merasa di Tindih Hantu

Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Sumber : perempuan.com

Yuk lanjut bacanya...

Jumat, 26 Desember 2008

Mimmie & Meggie : Under cover

Just act like a cat!

Other sides of us.....

video

Yuk lanjut bacanya...

Kamis, 25 Desember 2008

Zalan-Zalan...

Psst!! Psst!
Ni bukan launching "Ada Apa dengan Cinta" versi ke-2 lho! Hihihih..

Tapi ni merupakan aksi dari Tim Radio Mujahidin untuk mengadakan kunjungan pendengar pada 22 Desember 2008 lalu...


Ada 7 orang..
Kesian yang ngambil poto mukanya gak masuk..Tapi tar dia nongol koq di gambar berikutnya...

Intinya saat itu bahagia ban
get bisa rame-rame berangkat ke Peniraman, tempat pendengar setia kami, bernama Laila Safira..seru banget deh...


Tapi pas lagi asyik-asyiknya menikmati perjalanan sembari di guyur ujan lebat. ..Ternyata ban mobil bo..bocor..huhuhuhu. Jadinya kurang lebih 30 menitan kita-kita nangkring deh di warung kopi untuk...........................Numpang duduk doank..hehehe. Sambil reportase.

Dan sambil foto-foto tentunya....karena kita bekel 2 buah kamera digital..

Udah masuk waktu Asar, en kita belum lagi nyampe ke Peniraman. heulueh deuduh..tar pulang ke Pontianaknya bakalan malem dong..Huhuhu





Gambar Program Director MFM, akh ibnu shomad lagi ngangkutin Banner Radio Mujahidin dan Banner majalah Qalam. Kesian...coale rupanya 6 orang yang laen gak ada satupun inget to ngebawa tu banner..Jadinya ketinggalan di mobil yang di parkir di tepi jalan..hehehe..Padahal tu senjata kita to kunjungan loo...
Gak boleh dilupain gitu aja..













Nah..ni gambar Abu fazli lagi maen brantem-branteman ma Ibnu shomad...wuhuuu..hantamannya telak mengenai ulu hati Ibnu shomad. Tapi jangan khawatir..after that Ibnu shomad di kasi buah-buahan...Jadi ngga ada yang di rugi in disini. Lagian tinjunya Abu fazli juga bo'ongan kok. yang beneran adalah, ada saringgan di matanya Abu Fazli..cuma ngga keliatan...hi9x








Puas "menghabisi" Ibnu shomad, Abu fazli alias bang Muis kembali normal. Jiwa kedamaiannya kembali hadir tatkala ia melihat hijaunya dedaunan dan pepohonan dan dinginnya air kolam..












"Haaai......."



(Di cuek-in)








"Ndak noleh ke saye!??

Awas!! Ndak saye supirkan kitak2 sampay ke pontianak!!"






(Hehehehehe akhirnya ketauan juga perannye Abu Fazli..selain tukang poto die supir kite....whihihi..)

Yuk lanjut bacanya...

Minggu, 21 Desember 2008

Catatan pernikahan Helvy Tiana Rosa

Critanya, kemaren malem after ngadirin resepsi Kak Ica sepupupuku (selamet ya k Ica), aku jalan-jalan ke Gramedia to hunting buku yang udah aku dan Meggie incer sejak dua minggu yang lalu. Sayang, budgetnya lagi kosong pada saat itu. Jadi, mumpung saat ini budgetnya ada, ya kukebut aja, gitu lho..hehehe.

Buku apa siy?? mpe segitunya??

Ni bukan sembarang buku. Dua nama yang begitu aku suka yakni duo kakak beradik Helvy Tiana Rosa dan Asma Nadia. Nah...buku terbaru Mbak Helvy yang kali ini jadi inceran kita.

Judulnya : CATATAN PERNIKAHAN (Aku tahu, aku hanya ingin menikahi jiwamu selalu) by Helvy Tiana Rosa.

Seperti biasa, bahasa yang begitu mengalir dan enerjik dipaparkan oleh Mbak Helvy ketika ia membuka lembar demi lembar kisah bahtera rumah tangganya. Judul-judul seperti "Januari Cinta", "Menolak bidadari", "selamat tidur, juara", "Pekerjaan bunda: memeluk!" dan masih banyak lagi bener-bener ngaduk-ngaduk prasaan kita slaku pembaca. Ada yang lucu, romantis, sedih, gemesin..dll dsb.

Namun bagian yang paling aku suka adalah, mbak Helvy menghiasi buku terbarunya ini dengan taburan puisi. Wow!! Ni dia yang bikin betah. Di awal-awal aja ada sebuah rangkaian kata yang begitu indah yang ia lukiskan buat sang suami, Tomi Satryatomo.

Kaya begini nih....

Ketika bahasa
tak lagi percaya pada kata
apakah yang masih bisa kita ucap?

:cinta

Ketika wajahmu
tak lagi menampakkan kening, mata,
hidung dan mulut
apakah yang masih bisa kukecup?
: do'a


Masih ada lagi!!

Simak, ya....ini puisi yang Mba Helvy tlis pada Januari 2006 yang lalu. Judulnya KANGEN

KANGEN
: suamiku
telah kutuliskan puisi-puisi itu
sejak usiamu 26 tahun

ketika pertama kali kita bertukar senyum

pada jarak pandang yang begitu dekat


Kau ingat,
saat kubisikkan mungkin aku tak perlu matahari
bulan, atau bintang lagi
cukup kau, cahaya yang Dia kirimkan untukku
Ah, apa kau masih menyimpan puisi-puisi itu?


Dua belas tahun kemudian
aku masih menikmati
mengirimmu puisi
hingga hari ini

aku pun menjelma hujan

yang enggan berhenti di berandamu

bersama angin yang selalu kasmaran


Kau tahu, aku masih saja menatapmu
dengan mataku yang dulu

lelaki sederhana berhati samudera

yang selalu membawaku berlabuh pada-Nya


Pada berkali masa, kau pernah berkata, :
"Aku tahu, Aku hanya ingin menikahi jiwamu selalu"

Subhanallah...TOP banget buat Mbak helvy. masih banyak puisi-puisi yang lain termasuk puisi dari Faiz, puteranya yang kini sudah berusia 12 tahun! Judulnya "Dari seorang anak, yang ayah dan ibunya akan bercerai"..huhuhuhu.....Faiz bisaa aja..

Pengen baca lebih jauhh?? beli aja. Kalo mo minjem tar ya karena saya blom selese bacanya..hehehehe


Yuk lanjut bacanya...